Inovasi Kapanewon Bantul "GEROBAK MINI"

            Salah satu inovasi Kapanewon Bantul yang di branding dengan nama “ Gerobak Mini ” dengan akronim Gerakan Mengobrol Orang Tua Dengan Anak Untuk Mencegah Nikah Usia Anak/Dini. Sebagai keprihatinan atas tingginya jumlah nikah usia anak yang ada di Kabupaten Bantul, serta efek buruk yang bisa mempengaruhi terhadap aspek ekonomi, aspek psikologis, aspek sosial yang mempengaruhi kapada calon pengantin dan juga calon bayi yang akan dilahirkan.

           Potensi buruk yang mengarah kepada stunting akan sangat berpengaruh terhadap aspek-aspek lainnya. Rangkaian kegiatan onovasi telah berjalan dengan baik,, mulai dari tahapan persiapan; sosialisasi (telah dilaksanakan di beberaoa kalurahan dan pertemuan kader; pendamping, dan pemangku kepentingan);tahapan penggalangan komitmen bersama lintas sektoral; dan tahapan monev sebagai launching dan pelaksanaan kegiatan; serta yang terakhir tahapan monev sebagai upaya untuk keberlanjutan Gerobak Mini.

          Point penting adalah telah ada komitmen bersama untuk melanjutkan dan melakukan pengembangan kegiatan Gerobak Mini ini untuk dapat meminimalisir potensi stunting dan juga untuk menurunkan jumlah nikah usia dini, serta bisa meneruskan program ini kepada masyarakat di level keluarga.