PERESMIAN ANGGOTA BPD PERIODE 2018-2024 SE-KECAMATAN BANTUL

Kamis Wage, 4 Januari 2018 12:05 WIB ∼ 818

Foto Berita

prosesi pengucapan sumpah janji anggota BPD dipandu Camat Bantul

Hari ini Kamis (4/1) calon anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa) se-Kabupaten Bantul periode 2018 - 2024 secara serentak diresmikan. Mereka adalah hasil proses pengisian BPD yang dilaksanakan akhir November sampai dengan akhir Desember 2017 yang lalu. Calon anggota BPD se-Kecamatan Bantul yang berjumlah 41 orang hari ini juga diresmikan dengan mengambil tempat di Balai Desa Bantul. Adapun rinciannya adalah dari Desa Bantul : 9 orang, Palbapang : 9 orang, Ringinharjo : 7 orang, Sabdodadi : 7 orang dan dari Trirenggo : 9 orang. Profil pendidikan mereka SMP : 3 orang, SMA/sederajat : 21 orang, D2 : 1 orang, D3 : 1 orang, sarmud : 1 orang S1: 12 orang dan S2: 2 orang. Adapun rincian jenis kelamin terdiri dari 5 orang perempuan yang mengisi keterwakilan perempuan dari masing-masing desa dan sisanya 36 orang laki-laki yang mengisi keterwakilan wilayah, berdasarkan Perda 16 Tahun 2017 Tentang Badan Permusyawaratan Desa yang petunjuk pelaksanaannya diatur dengan Perbup Nomor 93 Tahun 2017.

Prosesi peresmian ditandai dengan pengucapan sumpah janji di depan para tamu undangan dan tokoh masyarakat dari 5 desa serta anggota BPD lama yang dipandu oleh Camat Bantul Susanto, dengan dua orang saksi yaitu Sekcam Bantul Rumanta Paskah Martana dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Bantul Ninik Slamet Rahayu, didampingi oleh rohaniawan sesuai agama mereka, adapun berdasarkan  agama rincian calon anggota BPD periode ini terdiri dari 38 orang beragama Islam, 2 orang Katolik dan seorang Kristen. Sebelumnya dibacakan Surat Keputusan Bupati Tentang Pemberhentian Anggota BPD lama dan Pengangkatan Anggota BPD periode 2018-2024.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Bantul dan membacakan sambutan tertulisnya yang intinya antara lain disamping mengucapkan selamat kepada anggota BPD yang baru saja diresmikan, juga menyampaikan bahwa : Kekuatan BPD itu terletak pada kemampuan “check and balances”. BPD memiliki hak bertanya, konfirmasi mengenai pembangunan desa. Terkait apa saja program yang sudah berjalan dan yang tidak dijalankan. Oleh karena itu BPD harus benar-benar bisa menjadi partner kepala desa dalam membangun desanya. BPD harus bisa menjadi pilar utama dan jembatan koordinasi kerja pemerintah desa dan masyarakat. BPD tidak boleh / dinilai hanya sebagai “pemberi stempel” untuk memberikan legitimasi kepada pemerintah desa. Oleh karena itu anggota BPD jangan sampai kurang memahami perumusan agenda-agenda yang diharapkan secara efektif dapat menciptakan pembaruan di desa. Dengan undang undang desa, desa memiliki potensi cukup besar didalam membuka peluang berkembangnya desa menjadi mandiri dan sejahtera. Menuju desa mandiri sejahtera tentu tidaklah mudah, oleh karenanya pengembangan desa memerlukan topangan kapasitas seorang anggota BPD.

Masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai BPD dapat membaca Perda Nomor 16 Tahun 2017 Tentang BPD yang petunjuk pelaksanaannya diatur dengan Peraturan Bupati Nomor 93 Tahun 2017. Sesuai Perda tersebut, terutama pada pasal 32,  BPD menjalankan 3 fungsi yaitu : (1) membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama lurah desa; (2) menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa; dan (3) melakukan pengawasan kinerja lurah desa.

Adapun menurut pasal 33, BPD mempunyai 13 tugas yaitu :

  1. menggali aspirasi masyarakat;
  2. menampung aspirasi masyarakat;
  3. menyalurkan aspirasi masyarakat;
  4. mengelola aspirasi masyarakat;
  5. menyelenggarakan musyawarah BPD;
  6. menyelenggarakan musyawarah Desa;
  7. membentuk panitia pemilihan Lurah Desa;
  8. menyelenggarakan musyawarah Desa khusus untuk pemilihan Lurah Desa antarwaktu;
  9. membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Desa bersama Lurah Desa;
  10. melaksanakan pengawasan terhadap kinerja Lurah Desa;
  11. melakukan evaluasi laporan keterangan penyelenggaraan Pemerintahan Desa;
  12. menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan Pemerintah Desa dan lembaga Desa lainnya; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya agar dalam menjalankan fungsi dan tugasnya BPD selama 6 tahun bisa sebaik-baiknya maka ada ketentuan larangan bagi anggota BPD sebagaimana diatur pada pasal 27 yaitu anggota BPD dilarang :

  1. merugikan kepentingan umum, meresahkan sekelompok masyarakat Desa, dan mendiskriminasikan warga atau golongan masyarakat Desa;
  2. melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme, menerima uang, barang, dan/atau jasa dari pihak lain yang dapat mempengaruhi keputusan atau tindakan yang akan dilakukannya;
  3. menyalahgunakan wewenang;
  4. melanggar sumpah/janji jabatan;
  5. merangkap jabatan sebagai Lurah Desa dan Pamong Desa;
  6. merangkap sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten, dan jabatan lain yang ditentukan dalam peraturan perundangan-undangan;
  7. sebagai pelaksana proyek Desa;
  8. menjadi pengurus partai politik; dan/atau
  9. menjadi anggota dan/atau pengurus organisasi terlarang.

Ucapan selamat disampaikan oleh tamu undangan dan seluruh rangkaian acara peresmian BPD se-Kecamatan Bantul berjalan aman dan lancar disertai harapan dari semua, mereka anggota BPD dapat menjalankan fungsi serta bertugas secara optimal guna ikut andil mencapai visi pemda Bantul dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera serta mewujudkan desa yang mandiri. (snt20180104)


Puskesmas
di Kecamatan Bantul

Puskesmas Bantul I

Puskesmas Bantul I

Jalan KH. Wakhid hasyim No 208 Palbapang Bantul
(0274) 7104470

Puskesmas Bantul II

Puskesmas Bantul II

Geblag, Bantul, Bantul
(0274) 6994490

Komando Rayon Militer Bantul

Koramil / Komando Rayon Militer Bantul

Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo

Kepolisian Sektor Bantul

Polsek / Kepolisian Sektor Bantul

Jl. Marsda Adisucipto No.102 Bantul
(0274) 367403

Kantor Urusan Agama Bantul

KUA / Kantor Urusan Agama Bantul

Jl. Marsda Adisucipto No.10 Bantul
(0274) 646102