KEGIATAN TERPADU KADER KESEHATAN DI SERUT

Senin Pahing, 22 Januari 2018 13:11 WIB ∼ 562

Foto Berita

Tim kecamatan : Camat Bantul (paling kanan) dan Kasi Pelayanan (nomor dua dari kanan) sedang meninjau pelaksanaan BKB dan mewawancarai salah satu kader (baju kuning emas)

Kader kesehatan Pedukuhan Serut Desa Palbapang hari Senin ini (22/1) melaksanakan kegiatan terpadu bersinergi dengan Puskesmas Bantul I dipusatkan di Rumah Dukuh Serut, dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui : posbindu, posyandu lansia, posyandu bumil, posyandu balita, KP Ibu dan BKB. Kegiatan yang dimulai jam 09.00 WIB dan diakhiri jam 12.00 WIB ini dipantau dan didampingi oleh tim dari Kecamatan Bantul. Tujuan dari pemantauan atau pendampingan ini menurut Camat Bantul Susanto tiada lain agar petugas dari puskesmas tambah semangat dan motivasi, juga tidak kalah pentingnya memberikan motivasi dan semangat bagi warga masyarakat terlebih para kadernya untuk mengupayakan peningkatan derajat masyarakat di pedukuhannya, bagi tim dari kecamatan untuk bisa melihat langsung kegiatan masyarakat dan menampung keluhan, permasalahan dan lain-lain yang disampaikan oleh warga masyarakat.

Pedukuhan Serut menurut Dukuh Tobadiyana, memiliki 525 KK jadi cukup padat dan darinya terdapat 90 balita serta 332 lansia. Greget masyarakat cukup tinggi terlihat dalam kegiatan pada hari ini mereka antusias untuk mengikuti kegiatan sesuai keperluan/bidang masing-masing, dan yang membanggakan para kader sangat bersemangat untuk melayani warga masyarakat baik balita, bumil, lansia dsb. Tentu keswadayaan semacam ini yang perlu dilestarikan dalam rangka mengambil andil untuk menuju visi Kabupaten Bantul  mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Menurut Dukuh Serut, pedukuhan ini sering dikunjungi oleh orang luar (luar daerah dan luar negeri) bahkan mereka menginap di homestay  yang ada, untuk berkegiatan belajar mengenai pertanian dan lingkungan. Di sini juga tersedia perpustakaan dusun yang dapat membuka jendela dunia bagi anak-anak dan generasi muda melalui kegiatan membaca di tempat yang juga bisa dijadikan tempat pertemuan kaum muda untuk membahas kemajuan mereka. Secara bertahap di pedukuhan ini dirintis pendirian joglo milik pribadi, yang bisa dimanfaatkan sebagai tujuan wisata budaya maupun tempat yang dijadikan sebagai homestay. Tentu ini membutuhkan kesadaran dan kebersamaan warga masyarakat untuk bersatu padu mewujudkannya, demi untuk kemanfaatan bersama.

Kebersamaan dan gotong royong masih kental di pedukuhan ini, terbukti pada kegiatan hari ini para kader bahu membahu untuk sukses pelaksanaan kegiatan berkenaan dengan bidang kesehatan yang rutin dilaksanakan tanggal 22 tiap bulannya.(snt20180122)


Puskesmas
di Kecamatan Bantul

Puskesmas Bantul I

Puskesmas Bantul I

Jalan KH. Wakhid hasyim No 208 Palbapang Bantul
(0274) 7104470

Puskesmas Bantul II

Puskesmas Bantul II

Geblag, Bantul, Bantul
(0274) 6994490

Komando Rayon Militer Bantul

Koramil / Komando Rayon Militer Bantul

Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo

Kepolisian Sektor Bantul

Polsek / Kepolisian Sektor Bantul

Jl. Marsda Adisucipto No.102 Bantul
(0274) 367403

Kantor Urusan Agama Bantul

KUA / Kantor Urusan Agama Bantul

Jl. Marsda Adisucipto No.10 Bantul
(0274) 646102