KETUPAT LEBARAN

Jumat Wage, 23 Juni 2017 11:32 WIB ∼ 669

Foto Berita

Pak Paijo dan istrinya sedang menganyam janur untuk dijadikan bungkus ketupat.

Idul Fitri 1438 H dua hari lagi. Hari ini Jumat 23/6 kesibukan warga masyarakat Kecamatan Bantul mulai meningkat. Kendaraan lalu lalang padat merayap. Sudah banyak nomor plat mobil luar daerah melintas. Pasar Bantul mulai banyak pengunjung melebihi hari-hari biasa. Pasar tumpah di area sekitar pasar utama. Banyak warga memanfaatkan momen puasa dan lebaran untuk ikut mengais rejeki. Banyak barang maupun jasa yang dijajakan khas hanya pada momen semacam ini.

Di antara barang yang dijajakan yang banyak hanya pada momen semacam ini yaitu bungkus ketupat. Yaitu kontainer terbuat dari daun muda pohon kelapa (janur) yang dianyam dalam bentuk tertentu yang nantinya diisi beras dan ditanak dalam jangka waktu tertentu pula untuk mendapatkan hidangan khas lebaran.

Pedagang yang ikut mengais rejeki melalui pembuatan dan penjualan barang ini yaitu Pak Paijo dari Pringgading Guwosari Pajangan yang sehari-hari menjadi tukang batu, hari ini dan besuk menjual bungkus ketupat. Dia dan istrinya menjual dan sambil membuat bungkus ketupat ini dengan harga Rp.5-6 ribu tiap sepuluh buah. Sudah lumayan banyak terjual katanya. Dan apabila persediaan di sini habis dia sudah menyiapkan cadangan persediaan di rumah yang disiapkan oleh anaknya yang pelajar SMK Pajangan jurusan Teknik Gambar. Harapan dia momen lebaran ini memberikan berkah baginya untuk tambahan pendapatan guna menyongsong Idul Fitri 1438 H yang lebih bermakna bagi keluarganya.

Pedagang bungkus ketupat ini akan semakin bertambah banyak manakala memasuki H-1 lebaran atau Hari Sabtu besuk 24/6. Dan semoga harapan dari para pedagang ini bisa terwujud untuk memperoleh tambahan penghasilan sebagai bekal menyongsong lebaran.(snt20170623)


Puskesmas
di Kecamatan Bantul

Puskesmas Bantul I

Puskesmas Bantul I

Jalan KH. Wakhid hasyim No 208 Palbapang Bantul
(0274) 7104470

Puskesmas Bantul II

Puskesmas Bantul II

Geblag, Bantul, Bantul
(0274) 6994490

Komando Rayon Militer Bantul

Koramil / Komando Rayon Militer Bantul

Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo

Kepolisian Sektor Bantul

Polsek / Kepolisian Sektor Bantul

Jl. Marsda Adisucipto No.102 Bantul
(0274) 367403

Kantor Urusan Agama Bantul

KUA / Kantor Urusan Agama Bantul

Jl. Marsda Adisucipto No.10 Bantul
(0274) 646102