PENCANANGAN DESA DAMANDIRI LESTARI

Rabu Kliwon, 1 Maret 2017 14:41 WIB ∼ 835

Foto Berita

sambutan Bupati Bantul

Bangsal Rumah Dinas Bupati dihadiri para tamu undangan yang mengikuti acara pencanangan Desa Damandiri Lestari. Desa Trirenggo merupakan desa yang dipilih untuk memperoleh bantuan pemberdayaan dari Yayasan Damandiri. Sore hari ini Rabu 1/3 bertepatan dengan peringatan Serangan Umum 1 Maret, yang mana salah satu pelaku sejarah pada waktu itu yaitu HM.Soeharto yang kemudian menjadi Presiden RI Kedua dan mendirikan beberapa Yayasan diantaranya Yayasan Damandiri.

Program Desa Lestari merupakan desa sejahtera berkelanjutan, dengan kesejahteraan warga desa yang tercapai berkat kemandirian warganya sendiri. Bukan seperti kebanyakan program lain, yang seringkali hanya menggelontorkan sebanyak mungkin dana bantuan ke desa-desa, tanpa memperhatikan keadaan warga desa yang sebenarnya. Warga butuh perhatian, edukasi dan pemberdayaan, bukan sekedar uang. Impian dan cita-cita pendiri Yayasan Damandiri, H.M. Soeharto, adalah membangun Desa Lestari. Inilah yang dikejar Yayasan Damandiri mulai Januari 2017 ini. Mulai digagas membangun 15 desa sebagai role model di wilayah Jawa, bahkan hingga Bogor dan Depok di Jawa Barat. Tugas luar biasa ini membutuhkan dana serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup besar. Karena itu, Yayasan Damandiri membutuhkan sinergi dengan Yayasan yang didirikan oleh Pak Harto lainnya, salah-satu Yayasan Supersemar. Sentuhan-sentuhan Yayasan Damandiri yang selama ini menjadi ciri khas seperti Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) dan Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) bisa mewujudkan Desa Lestari impian Pak Harto. Kekuatan finansial dan SDM yang dimiliki turut mendukung rencana besar ini. “Rakyat punya UUD 1945 Pasal 33, yang bermakna pemanfaatan kekayaan alam sebesar-besarnya dari, oleh dan untuk rakyat. Damandiri bertekad menghadapi globalisasi dengan memperkuat ekonomi dalam negeri,” sebut Subiakto Tjakrawerdaja Ketua Yayasan Damandiri, Senin (16/01/2017).Karena itu, lanjut Subiakto, tidak ada kata berhenti atau memperlambat laju pemberdayaan. Rakyat harus terus diedukasi agar mengerti, jika mereka merupakan pemilik semua potensi lokal yang ada, baik di darat, laut dan udara. “Itulah langkah awal kami, masuk langsung ke masyarakat, melakukan edukasi untuk memberdayakan mereka. Dengan cara itu, kami akan membangun Desa Lestari impian Pak Harto. Pengalaman kami dalam membentuk Posdaya akan menjadi pelajaran berharga dalam misi besar ini,” pungkasnya.(sumber:cendananews.com)

Program yang didukung pula 7 yayasan didirikan HM.Soeharto ini akan dipergunakan untuk bedah rumah, fasilitas PAUD, modal koperasi, renovasi masjid, pengembangan mangrove dsb semuanya untuk meningkatkan kesejahteraan dengan menciptakan lapangan kerja seluas mungkin dengan mengolah sumberdaya lokal yang ada didayagunakan untuk meningkatkan nilai tambah. Tujuan akhir program Desa Damandiri Lestari seluruh warga desa Trirenggo makmur sejahtera dalam waktu 1-2 tahun.(esente20170301)


Puskesmas
di Kapanewon Bantul

Puskesmas Bantul I

Puskesmas Bantul I

Jalan KH. Wakhid hasyim No 208 Palbapang Bantul
(0274) 7104470

Puskesmas Bantul II

Puskesmas Bantul II

Geblag, Bantul, Bantul
(0274) 6994490

Komando Rayon Militer Bantul

Koramil / Komando Rayon Militer Bantul

Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo

Kepolisian Sektor Bantul

Polsek / Kepolisian Sektor Bantul

Jl. Marsda Adisucipto No.102 Bantul
(0274) 367403

Kantor Urusan Agama Bantul

KUA / Kantor Urusan Agama Bantul

Jl. Marsda Adisucipto No.10 Bantul
(0274) 646102