PANEN LELE KWT LESTARI

Senin Legi, 16 Januari 2017 13:17 WIB ∼ 732

Foto Berita

penimbangan hasil panen lele disaksi

Setelah masa pemeliharaan tiga bulan, 1,500 benih lele yang ditebar di kolam terpal 12 m2 di lahan Tanah Kas Desa Bantul dipanen dengan hasil memuaskan. Kolam lele yang merupakan demplot KWT Lestari ini dimaksudkan untuk media pembelajaran bagi kelompok untuk nantinya mengembangkan usaha di pekarangan masing-masing anggota. Penimbangan hasil panen lele ketiga kalinya ini disaksikan oleh Edy Sutopo, S.TP, MM dan kawan-kawan dari BP3K Kismo Raharjo Bantul, Lurah Desa Bantul HM.Zubaidi dan Camat Bantul Drs.Susanto,MPA bersama anggota KWT Lestari, dan keseluruhan berat panen mencapai 1,333 kwintal. Harga di tingkat petani saat ini Rp.16 ribu per kilo. Adapun modal yang dibutuhkan untuk memelihara lele ini sekitar Rp.1,5 juta, jadi dari segi usaha tani masih menguntungkan.

Dijelaskan oleh Edy Sutopo, S.TP, MM penyuluh pertanian dari BP3K Kismo Raharjo Bantul bahwa ini merupakan upaya untuk pemberdayaan petani melalui pelaksanaan Instruksi Bupati Nomor 02 Tahun 2016 Tentang: OPTIMALISASI PEMANFAATAN PEKARANGAN TERPADU MELALUI “GERAKAN” MAKARYO MBANGUN DESA yang mengamanatkan untuk memasyarakatkan pemanfaatan pekarangan secara optimal dengan penanaman tanaman pangan, perikanan dan peternakan sesuai dengan potensi masing-masing melalui Gerakan “MAKARYO MBANGUN DESA”, kemudian Camat se-Kabupaten Bantul agar memfasilitasi dan mengkoordinasikan Pemerintah Desa untuk melaksanakan kegiatan sebagaimana dimaksud di wilayah kerja masing-masing, melalui pengembangan kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan dengan pembuatan demplot atau kegiatan lainnya yang dapat dipergunakan sebagai sumber pangan alternatif dalam mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan desa.

Dengan demikian anggota KWT bila menerapkan pengalaman ketika mengelola demplot kolam lele ini bisa memelihara lele di pekarangannya untuk memenuhi gizi keluarga atau lebih luas lagi menjadikan lapangan usaha yang dapat menambah penghasilan keluarga.(esente20170116)


Puskesmas
di Kecamatan Bantul

Puskesmas Bantul I

Puskesmas Bantul I

Jalan KH. Wakhid hasyim No 208 Palbapang Bantul
(0274) 7104470

Puskesmas Bantul II

Puskesmas Bantul II

Geblag, Bantul, Bantul
(0274) 6994490

Komando Rayon Militer Bantul

Koramil / Komando Rayon Militer Bantul

Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo

Kepolisian Sektor Bantul

Polsek / Kepolisian Sektor Bantul

Jl. Marsda Adisucipto No.102 Bantul
(0274) 367403

Kantor Urusan Agama Bantul

KUA / Kantor Urusan Agama Bantul

Jl. Marsda Adisucipto No.10 Bantul
(0274) 646102