EVALUASI KELOMPOK TANI TERNAK SAPI 'NGUDI RAHAYU' TINGKAT DIY

Kamis Pahing, 28 Mei 2015 08:34 WIB ∼ 985

Foto Berita

Ketua Kelompok, PPL dan Camat Bantul berbincang di kandang kelompok, menunggu tim evaluasi tingkat DIY

Kelompoktani ternak sapi Ngudi Rahayu Dusun Sumber Batikan Desa Trirenggo,Kecamatan Bantul pada hari Rabu tanggal 27 Mei 2015, berhasil mewakili Kabupaten Bantul dalam kegiatan evaluasi kelompok tani ternak sapi tingakat DIY.

Untuk evaluasi yang dilakukan di Bantul adalah merupakan  putaran ke 3 setelah Kota Yogyakarta dan Sleman. Kelompok tani ternak sapi Ngudi Rahayu yang berdiri sejak 1 April 1999 dengan ketua kelompoknya Bp. Suroto, saat ini memiliki anggota berjumlah 48 orang dengan jumlah ternak 70 ekor. Kelompok ini berkonsentrasi pada penggemukan, sehingga mayoritas sapi yang dimiliki adalah sapi jantan. Dengan jenis yang dipelihara adalah keturunan sapi PO dan silangan

Untuk keperluan pakan utamanya hijauan, diwilayah Sumberbatikan kiranya tidak masalah karena hijauan ditanam disepanjang galengan, rumput gajah  yang relatif tersedia sepanjang tahun, selain itu juga dari limbah pertanian yang cukup tersedia, legum, juga ada tambahan konsentrat untuk mempercepat proses peggemukan.

Limbah kotoran sapi selain digunakan sendiri untuk pupuk sebagian juga dijual; upaya memanfaatkan untuk biogas saat sedang tidak dapat dilakukan karena alat untuk mengoperasikan mengalami kerusakan/ bocor.   

 


Puskesmas
di Kapanewon Bantul

Puskesmas Bantul I

Puskesmas Bantul I

Jalan KH. Wakhid hasyim No 208 Palbapang Bantul
(0274) 7104470

Puskesmas Bantul II

Puskesmas Bantul II

Geblag, Bantul, Bantul
(0274) 6994490

Komando Rayon Militer Bantul

Koramil / Komando Rayon Militer Bantul

Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo

Kepolisian Sektor Bantul

Polsek / Kepolisian Sektor Bantul

Jl. Marsda Adisucipto No.102 Bantul
(0274) 367403

Kantor Urusan Agama Bantul

KUA / Kantor Urusan Agama Bantul

Jl. Marsda Adisucipto No.10 Bantul
(0274) 646102